Jumat, 13 Mei 2016

Daeng Soetigna pencipta angklung menjadi google doodle hari ini

Gudangcheat14- Halaman Google hari ini (13/5), menampilkan seorang lelaki berkacamata yang tengah bermain angklung dengan 2 anak kecil. Mungkin banyak yang tidak tau bahwa itu merupakan wajah sang pencipta alat musik angklung asal indonesia yang sudah dikenal diseluruh dunia.
Ya, sosok lelaki itu adalah Daeng Soetigna. Dia adalah salah satu seniman hebat asal Indonesia. Namanya menjadi terkenal setelah dia berhasil menciptakan angklung diatonis.
Berkat karyanya inilah, Daeng berhasil mendobrak tradisi musik Tanah Air. Dengan alat musik tradisionil Indonesia, dia mampu memainkan musik-musik kelas internasional. Dia juga aktif dalam pementasan orkes angklung di berbagai wilayah di Indonesia.
Nah, tampilan Doodle tersebut sengaja dibuat Google untuk memperingati ulang tahun Daeng Soetigna yang ke-108.
Daeng sendiri merupakan keturunan Sunda yang lahir di Garut, Jawa Barat, pada 13 Mei 1908. Karena kedua orang tuanya termasuk bangsawan Sunda, dia beruntung dapat menikmati pendidikan zaman Belanda yang saat itu masih sangat terbatas bagi pribumi.
Daeng Soetigna pensiun sebagai pegawai negari sipil pada tahun 1964 (saat berumur 56 tahun). Dengan bebasnya dia dari tugas rutin sebagai pegawai pemerintah, Daeng yang juga seorang guru itu pun aktif mengembangkan angklung diatonis.Dan beliau meninggal pada tahun 1984.

Terima kasih telah berkunjung.semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar